Friday, August 27, 2010

Acara pondok Ramadhan

Acara pondok RamadhanSejuta hamdalah tadi saya dapat kesempatan mengisi acara pondok Ramadahan di Sekolahan dengan tema "Adab Mencari Ilmu yang Manfaat".Pada kesempatan baik itu saya tidak secara langsung menyampaikan tema pembicaraan tetapi memberi sebuah pengantar bagi para audien.Pertama, saya mengajak keapda para audien untuk mengingat kembali " What For You Come Here and What Do You Look for at school? ".
Setelah baru saya menyampaikan materi "Adab Mencari Ilmu yang Manfaat".Meembaca dan memperhatikan berbagai bacaan yang sudaha saya baca tentang "Adab Mencari Ilmu yang Manfaat" setidaknya menurut hemat saya setidakanya agar kita bisa mendapatkan ilmu yang manfaat kita tidak boleh menafikan atau meniadakan berbagai adab dan aturan yang ada.
Pada intinya "Adab Mencari Ilmu yang Manfaat " ada 6 hal yang harus kita perhatikan, yaitu :

1.Ikhlas karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala
@ Mengharapkan Ridlo-Nya
@ Mencari Kebahagiaan Akhirat
@ Haram Bau Surga Mencari Tujuan Dunia

2.Untuk menghilangkan kebodohan dari dirinya dan orang lain
@ Semua Manusia Adalah Bodoh
@ Menjadi Alim dan Mengamalkan Pada Orang Lain
@ “Sampaikanlah dariku walaupun cuma satu ayat” (HR: Bukhari)

3.Berniat dalam menuntut ilmu untuk membela syari’at.
@ Membela Syariat Allah dan Sunnah Rasulullah
@ Menghilangkan Bid’ah Dalam Agama

4.Lapang dada dalam menerima perbedaan pendapat.
@ Perbedaan Masalah Ijtihad Bukan Aqidah
@ Menerima Perbedaan dan Menghormatinya

5.Menghormati para ulama dan memuliakan mereka
@ Mengamalkan apa yang disampaikan Ulama
@ Tidak Menghina Mereka Atau Mengumpatnya
@ Menjalin Tali Silaturahmi

6.Mencari kebenaran dan sabar
@ Mengetahui Sumber Ilmu dan Gurunya
@ Sabar Dalam Menggapainya

Semoga keterangan singkat ini ada guna ada manfaat bagi kami pribadi dan umumnya umat manusia yang membaca artikel ini.Sejuta Amien Ya Allah.

No comments:

Post a Comment

Investasi Pasif Income